Mau Ganti HP Baru Buat Lebaran? Kredit Online Pake Kredivo Cuma 5 Menit!

Buat ganti hp baru dan beli tunai, banyak orang cenderung menunggu pada momen tertentu. Lebaran salah satunya karena adanya THR. Kalo mau kredit, baik di toko ataupun di e-commerce, sebagian mungkin lebih banyak mengandalkan kartu kredit karena prosesnya gampang. 

Tapi, kalo sayang beli tunai karena harganya tinggi tapi nggak punya kartu kredit juga buat nyicil, ada lho alternatif terbaik yang bisa dicoba: kredit online pake fintech kayak Kredivo! Kredit online sendiri udah lumayan populer tiga tahun belakangan seiring dengan berkembangnya fintech di Indonesia. 

Bukan cuma karena bisa kredit online tanpa kartu kredit aja, tapi karena fintech kredit online umumnya menggandeng e-commerce dan berbagai merchant populer sebagai mitra. Kayak Kredivo misalnya yang kerja sama dengan Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, dll. Jadi, kalo kita punya akun dan limit Kredivo, kita bisa langsung belanja atau kredit online di merchant-merchant rekanannya. Semudah & sepraktis itu. Bahkan cuma dalam hitungan menit!

Pengalaman Nyobain Kredivo Buat Kredit Online HP di Tahun 2018

Saya sendiri udah pernah nyobain Kredivo buat kredit online HP OPPO F9 di Lazada pada waktu jelang Lebaran tahun 2018. Harga OPPO F9 waktu itu adalah Rp4.299.000 dan saya ambil cicilan 12 bulan pake Kredivo. Buat cicilan opsi tenor dari Kredivo ada 3/6/12 bulan, nggak pake uang muka, dan bunganya 2,95% per bulan. Nah, tiap bulannya selama 12 bulan, saya bayar angsuran HP sebesar Rp443.310 ke Kredivo. Prosesnya lancar banget dan nggak pake drama. Sebelum kredit saya sukses, Kredivo juga nampilin simulasi cicilan yang harus saya bayar sesuai opsi tenor yang saya pilih. 

Nah, pas kredit disetujui oleh pihak Kredivo, barang langsung dikirim ke rumah sama Lazada. Habis itu, di aplikasi Kredivo langsung muncul histori kredit dan daftar tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran sesuai perjanjian di awal. Nggak ada perubahan suku bunga, tambahan biaya admin, dan segala macemnya. Semua bener-bener sesuai kesepakatan. Buat saya yang waktu tahun itu nggak punya kartu kredit, pake Kredivo jelas membantu banget. 

Gimana Caranya Kredit Online HP Pake Kredivo?

Sebelum milih-milih HP di e-commerce, kalo mau nyicil pake Kredivo kita wajib punya akun Kredivo dulu. Sama aja kayak kartu kredit, kalo mau kredit pake kartu kredit yang tentu harus ada kartu kreditnya dulu. Bedanya, daftar Kredivo itu online dan bisa dilakuin kapan aja. Tinggal download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, terus daftar. 

Waktu saya daftar Kredivo di tahun 2018, persyaratannya cuma ada 3: minimum usia 18 tahun, punya penghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili/tinggal di wilayah/kota besar kayak Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang. Sekarang, setelah saya cek lagi, wilayah jangkauan Kredivo udah lumayan luas. Yang berdomisili di Kota Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, dan Sukabumi, sekarang juga udah bisa daftar Kredivo. 

Kalo udah download, tinggal ikutin aja instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi satu-satu. Terus, upload dokumen yang dibutuhin kayak foto KTP, bukti penghasilan, dan isi form data diri. Nggak pake lama, dalam waktu beberapa jam, pendaftaran saya langsung diapproved dan dapet limit sekitar Rp 15 jutaan. Kalo sekarang, kabarnya limit Kredivo udah mulai naik lho, maksimal bisa sampe Rp 30 juta buat pengguna Premium. Nah, pengguna lama kayak saya juga bisa upgrade limit kredit kalo mau dan dirasa butuh.

Udah dapet limit dari Kredivo? Udah deh, bisa langsung dipake buat kredit online apa pun yang ada di e-commerce atau merchant rekanan Kredivo. Karena waktu itu saya butuhnya HP, jadi saya kredit HP. Proses transaksinya sama kok kayak belanja pake metode pembayaran lainnya. Di bagian metode pembayaran (e-commerce apa pun), pilih cicilan tanpa kartu kredit pake Kredivo. Habis itu, pilih tenor, dan kita harus login ke akun Kredivo kita plus masukin OTP yang dikirim lewat SMS buat verifikasi & keamanan transaksi. 

Selesai, dalam 5 menit! Nggak pake survey, nggak pake lama. Asal limit kita cukup & transaksi aman (nggak macem-macem), kredit bia cepat dan berjalan mulus. 

Rekomendasi Merchant Buat Kredit Online HP Pake Kredivo

Sebenernya, e-commerce & merchant yang jadi mitra Kredivo itu banyak banget, sekarang udah ratusan. Ada juga merchant offline yang khusus buat kredit HP, gadget, dan elektronik kayak Erafone, Electronic City, iBox Erajaya Group, sampai Xiaomi Store. Kalo mau kredit HP di merchant offline, caranya tinggal pake QR Code yang ada di aplikasi Kredivo aja. Tapi, berhubung sekarang lagi masa karantina di rumah karena pandemi Corona, lebih baik kreditnya dilakuin di e-commerce aja. 

Bhinneka misalnya, adalah salah satu e-commerce mitra Kredivo yang khusus ngejual gadget & elektronik lainnya. Kalo buat saya pribadi, bukan merchantnya apa yang bagus tapi yang penting itu adalah ngebandingin harga dari merchant satu ke merchant lain sebelum kredit. Plus, ngeliat tingkat kredibilitas penjual, ulasan pengguna, dan rating supaya menghindari hal-hal nggak diinginkan. 

Buat satu merk HP, harganya bisa beda-beda di tiap e-commerce atau seller. Supaya nggak ketipu, makanya penting banget buat kita cari tau kisaran harga pasar dari HP yang kita mau. Kalo udah tau kisarannya, tinggal cari aja yang harga tengahnya kira-kira pas. Jadi nggak kemahalan atau kemurahan. Jangan tergiur sama harga murah atau jauh di atas harga pasar ya karena kemungkinan besar itu penipuan. 

Sekian pengalaman saya. Jadi, mau kredit HP merk apa nih buat Lebaran tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 10 =

Related Post