Yuk, Kita Berkenalan Dengan Istri-istri Rasulullah

Siapa sih yang tak kenal dengan Rasulullah? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan sosok beliau. Ya, sebab Rasulullah merupakan Nabi terakhir yang menjadi panutan bagi umat Muslim diseluruh dunia.

Tak hanya bagi kalangan Muslim saja, bahkan sosok dan nama Nabi Muhammad pun sangat tersohor di kalangan non-muslim. Namun, ternyata masih banyak diantara kita yang sama sekali tidak kenal dengan sosok istri-istrinya Rasulullah.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar nama-nama istri Nabi Muhammad. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan berikut.

1. Khadijah binti Khuwaylid

Khadijah binti Khuwaylid merupakan istri pertama Nabi Muhammad. Khadijah adalah seorang pedagang kaya raya yang menyandang status janda.

Kala itu Khadijah merekrut Nabi Muhammad sebagai karyawan untuk mengembangkan bisnis yang dijalaninya. Berkat kecerdasan dan kejujuran sifatnya, tak lama kemudian Khadiah merasa bahwa Nabi Muhammad adalah sosok yang ideal untuk dijadikan suaminya.

Menurut informasi yang didapat, Rasulullah dengan Khadijah memiliki perbedaan usia yang cukup jauh. Ketika menikah, Rasulullah berusia 25 tahun sedangkan Khadijah berusia 40 tahun.

Sehingga tak heran jika Khadijah selalu mendukung penuh kegiatan dakwah Rasulullah untuk membebaskan masyarakat di sekitar kota Mekkah dari budaya jahiliyah (kebodohan).

2. Sawdah binti Zam’a

Setelah menjalani kehidupan rumah tangga selama dua puluh lima tahun, Allah SWT memanggil Khadijah sehingga membuat Nabi Muhammad harus menyandang status duda.

Berkat izin Allah SWT pula Rasulullah dipertemukan dengan seorang janda yang bernama Sawdah binti Zam’a. Meski orangtua Sawdah bukan pemeluk Islam, namun mereka merestui pernikahan putrinya dengan Rasulullah.

Kriteria Sawdah binti Zam’a benar-benar ideal untuk dijadikan istri Nabi Muhammad. Ia terkenal dengan sifatnya yang dermawan, taat menjalankan perintah agama, dan periang.

3. Aisyah binti Abu Bakar

Aisyah merupakan putri dari salah satu sahabat terbaik Rasulullah, yakni Abu Bakar. Menurut beberapa hadits, menyebutkan bahwa Aisyah adalah istri yang paling dicintai oleh Rasulullah.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Aisyah menjadi salah satu dari tiga istri Nabi Muhammad yang mampu menghafal Al Quran secara keseluruhan. Bahkan Aisyah juga menjadi saksi pertama ketika Rasulullah menerima wahyu.

Masih belum habis, Aisyah pun memiliki peranan yang sangat penting dalam menyebarkan agama Islam. Lebih dari itu, Rasulullah wafat tepat dipelukan Aisyah.

4. Hafsah binti Umar ibn Al-Khattab

Hafsah adalah putri dari orang kepercayaan Rasulullah, yakni Umar bin Al-Khattab. Hafsah menyandang status janda di usianya yang masih muda, kemudian dinikahi oleh Nabi Muhammad. Sehingga tak heran jika Hafsah menjadi istri termuda diantara istri-istri Rasulullah yang lainnya.

Seperti halnya Aisyah, Hafsah juga mampu menghafal seluruh ayat-ayat Al Quran. Bahkan, Hafsah kerap menghabiskan waktunya untuk memahami isi pada setiap ayat Al Quran. Meski berusia muda, namun Hafsah memiliki kepribadian yang begitu luar biasa.

Pendiriannya sangat teguh, taat kepada ajaran agama Isam, taat kepada suami, dan selalu bergaul dalam lingkungan yang baik.

5. Istri Nabi Muhammad yang Lainnya

  • Zainab binti Khuzaymah
  • Ummu Salamah Binti Abu Umayyah
  • Juwarriyah binti al-Haarith
  • Zaynab binti Jahsh
  • Ummu Habibah binti Abu Sufyan
  • Safiyyah binti Huyayy ibn Akhtab
  • Maymunah binti al-Haarith.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − four =

Related Post