Serba – Serbi Sang Raja Buah

main image

Durian merupakan raja buah yang juga sebagai tumbuhan tropis dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah raja dari segala buah (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Karena baunya yang kurang mengenakkan bagi beberapa orang, bau yang menyengat dan cenderung busuk (bagi beberapa orang) dari durian ini menyebabkan sejumlah perusahaan dan maskapai penerbangan melarang orang membawa durian, misalnya di kabin pesawat udara, di kendaraan angkutan umum ataupun dibawa ke hotel.

Agar tidak menimbulkan hal – hal yang tak ingin terjadi, bagi penggemar durian untuk tidak terlalu berdekatan setelah memakan durian dengan orang yang tak menyukai bau durian. Disebutkan dan dipercaya bahwa ada sebuah cara yang mudah untuk menghilangkan bau durian di jari-jari tangan dan mulut. Caranya adalah Jari tangan dibersihkan dengan mengaduk-aduk air di dalam pangsa durian (ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan air adukan tersebut tidak dibuang, tetapi digunakan untuk berkumur meskipun sedikit menjijikan, namun hal itu dinilai efektif.

Selain masalah bau, beberapa orang pun di bingungkan dengan bagaimana cara agar memilih buah durian yang enak dan dagingnya manis. Untuk mendapatkan hal tersebut, Setiap orang mempunyai caranya masing – masing dalam memilih buah durian yang terbaik. Memilih buah durian yang tepat amat penting apalagi ketika penjual menjual buah dengan utuh, tanpa boleh dibuka. Namun, seiring berjalannya waktu sekarang penjual umumnya mau membuka buah untuk membuktikan isinya yang benar benar sesuai harapan pembeli. Dengan cara ini, keahlian dalam memilih pun menjadi kurang penting.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu menjadi catatan ketika hendak memilih sang raja buah ini.

1. Kesegaran Buah

Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya. Tangkai menjadi salah satu cara untuk memilih buah. Apabila buah yang telah jatuh dari pohon, tangkainya akan mengering. Seringkali ditemukan beberapa penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecat tangkai sehingga dapat menghalangi pembeli mengenali kesegarannya. Ada juga penjual yang kurang pintar yang malah akan membuang tangkai durian.

2. Kenali Isi Durian

Ada beberpa peminat sang raja buah menggemari buah durian yang kering dan matang. Untuk mengetahui bagaimana buah tersebu, ada sebuah cara mudah untuk mengetahui apakah isi durian itu kering atau tidak meskipun tanpa membuka buah, caranya adalah dengan menggoncangkan buah dan merasakan getaran kecil. Isi durian yang lembap melekat pada kulit buah. Isi durian yang kering cenderung untuk berpisah dari dinding buah. Begitu cara mudah untuk mengenali isi buahnya.

3. Hindari Buah yang Berlubang

Ada beberapa durian yang mungkin diserang oleh ulat perusak, ulat tersebut bisa bertelur di dalam buah yang berkembang menjadi larva. Ketika hendak membeli buah durian, pembeli harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnyanya karena sering kali ini merupakan tanda adanya ulat di dalam buah.

Berikut merupakan serba – serbi sang raja buah yang keberadaannya bisa diidam idamkan ataupun keberadaannya dibenci karena bau yang dimilikinya. Pasalnya, semua itu tergantung kepada taste masing – masing orang mengenai sang raja buah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 9 =

Related Post