Fakta Menarik Sabun Mandi Yang Kita Gunakan Setiap Hari

Sebagai manusia tentunya kita harus membersihkan tubuh setiap hari. Hal itu dilakukan agar tubuh tidak gampang terserang kuman dan membuat kita lebih segar. Tentunya untuk membuat tubuh kita menjadi bersih kita butuh sabun mandi yang kini sudah banyak sekali jenis-jenis sabun mandi dengan kelebihannya masing-masing. Hal itu terjadi karena harga sabun mandi yang cukup murah tergantung dari sabun mandi yang kita pilih. Tetapi bukan harga sabun mandi yang akan kita bahas melainkan, fakta menarik seputar sabun mandi. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Pertama Kali ditemukan di Gunung Sapo

Fakta ini cukup menarik pasalnya banyak orang yang menduga sabun ditemukan oleh para ilmuan dan alat yang canggih. Tetapi dugaan ini terpatahkan karena faktanya sabun mandi pertama kali ditemukan di gunung Sapo. Gunung Sapo sendiri merupakan tempat penduduk asli Sapo, dan pada saat sedang melakukan acara korban binatang pada saat itu pula sabun mulai ditemukan.

2. Memiliki Perbedaan

Sabun buatan rumah dan sabun buatan industri bukanlah sama-sama sabun melainkan keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. Sabun buatan industri pabirk sebagian besar menggunakan minyak dari binatang tertentu sedangkan sabun buatan rumahan sebagian besar menggunakan bahan alami yang tentunya lebih aman untuk kulit.

3. Sabun yang tahan lama

Pernah berpikir mengapa ada sabun yang cepat habis dan ada pula sabun yang tahan lama? Hal ini dikarenakan sabun dengan daya tahan yang lama memiliki kandungan sulfat yang lebih banyak ketimbang sabun yang tidak tahan lama. Sebenarnya hal ini tidak berbahaya tetapi, sabun yang mengandung sulfat tingkat tinggi dapat mengurangi kualitas sabun itu sendiri.

4. Melewati 3 tahap pembuatan

Sabun yang kita gunakan sehari-hari ternyata cukup sulit dan rumit untuk proses pembuatannya. Pembuatan sabun sendiri harus melewati 3 tahap yaitu tahap pemanasan, tahap pendinginan dan tahap pelelehan. Pada proses terakhir yaitu proses pelelehan ada istilah yang lebih familiar yaitu tahap meleleh dan menuang. Selain itu pada 3 tahap tersebut semuanya melibatkan bermacam jenis sabun di dalamnya. Bagaimana lumayan rumit bukan?

5. Perih jika terkena mata

Pernah berpikir mengapa sabun jika terkena mata rasanya sangat menyiksa? Tentu saja hal itu membuat kita menjadi kesal, karena mata kita akan merasakan yang namanya perih seperti ditinggal kekasih. Mata yang perih jika terkena sabun dikarenakan sabun memiliki bahan kimia yang cukup berbahaya apa bila sabun langsung mengenai mata. Jadi berhati-hatilah saat kalian mandi, pastikan kalian tidak memainkan sabun asal-asalan.

6. Semua Jenis Sabun Dapat membunuh bakteri

Pastinya kalian sering mendengar iklan yang menyebut bahwa sabun ini adalah sabun antibakteri bukan? Dan sebagian orang percaya bahwa sabun tersebut mampu membunuh bakteri. Sebenarnya semua jenis sabun diciptakan memang untuk membunuh bakteri dan kuman tentu saja iklan tersebut juga tidak salah. Tetapi setidaknya kalian tidak perlu mempercayai bahwa sabun tersebut lebih bisa membunuh bakteri ketimbang jenis sabun lainnya.

Nah itulah beberapa fakta menarik mengenai sabun mandi, nah apakah kalian sudah bisa menghargai sabun? Karena sabun dibuat dengan proses yang lumayan panjang. Setidaknya kalian jadi tahu bahwa sabun pertama kali ditemukan di Gunung Sapo dan sangat perih jika terkena mata. Baiklah semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post