Sering Ajuin Pinjaman Buat Tanggal Tua? Segera Evaluasi Habit & Keuanganmu!

https://lh3.googleusercontent.com/k13lJYK5eLEVfoTr-3jU3sFQsRoQ7S_s_dzdLTvLAJNKTTVc0_dt1NunSZZGOtC5r_or7q1nHVpyzGlHWemlZsTliPDcwmiHf4dFR9_5ZCtCBM53ILAaIP6Xmzy9NpJbJcF77zYz

Buat sebagian orang, mengajukan pinjaman cepat di tanggal tua mungkin hal yang biasa. Apalagi sekarang, pinjam uang udah makin gampang dengan adanya fintech berbunga rendah kayak Kredivo. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa berutang terus-terusan di setiap tanggal tua bukan hal yang baik untuk kondisi keuangan pribadi. Kalau terus seperti ini, bukan nggak mungkin utang malah jadi numpuk dan penghasilan bulan depan habis cuma buat nutup. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa tanggal tua kerap jadi momok menakutkan bagi setiap orang. Di antaranya, penghasilan yang memang pas-pasan, banyak tanggungan sehingga nggak bisa menabung, nggak punya anggaran keuangan, dan boros serta impulsif. Nah, dua poin yang terakhir adalah yang paling urgent untuk segera diperbaiki supaya nggak bikin repot di kemudian hari. Gimana caranya?

Mulai catat jumlah pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan

Hal yang klasik tapi berdampak kuat, mencatat dan membuat anggaran keuangan adalah hal pertama yang wajib dilakukan kalau mau kondisi keuangan membaik dan terbebas dari beban tanggal tua. Mulai dari pemasukan utama, pemasukan sampingan misalnya dari profit bisnis ataupun proyek freelance, semua wajib dicatat sebelum uangnya digunakan untuk membiayai aneka keperluan. Begitupun kebutuhan, harus diurutkan sesuai prioritasnya: mana yang wajib dipenuhi dan mana yang bisa ditunda pemenuhannya. Dengan mengetahui jumlah penghasilan dan jumlah kebutuhan, ini akan menunjukkan posisi keuanganmu, hal-hal yang perlu diperbaiki, dan menjadi alat pengingat agar tidak boros atau impulsif dalam menggunakan uang. 

Tentukan tujuan keuangan & masa depan yang ingin dicapai

Seperti kata pepatah, uang itu sifatnya seperti air: terus mengalir jika tidak dibendung. Nah, dalam hal ini, tujuan keuangan dan hal yang ingin dicapai di masa depan adalah bendungan yang dapat kamu bangun agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Sebab, kehabisan uang di tanggal tua bukan hanya perkara penghasilan yang pas-pasan atau banyak tanggungan, tapi juga sering terjadi karena terlalu boros mengeluarkan uang untuk hal-hal yang nggak penting di awal bulan. 

Misalnya: makan di restoran terlalu sering, tergiur banyak promo yang akhirnya menguras kantong, nongkrong di kafe setiap akhir pekan, dan masih banyak lagi. Yuk, tanyakan pada dirimu sendiri, dengan penghasilan dan kondisi keuangan yang sekarang, hal apa yang mau kamu raih di masa depan? Bangun bisnis sendiri? Ngambil KPR? Menikah? Melanjutkan pendidikan? Kalau sudah tahu apa tujuannya, kamu akan lebih terpacu untuk menabung dan menggunakan uang sebaik mungkin. Nggak ada lagi ceritanya kelabakan di tanggal tua sebab semuanya sudah diatur!

Jangan berpuas diri dengan jumlah penghasilan saat ini

Punya keran penghasilan utama adalah hal yang patut disyukuri. Namun, kondisi ini jangan bikin kamu jadi berpuas diri dan malas mengeksplorasi hal baru. Apalagi jika jumlah penghasilan masih tergolong pas-pasan. Supaya hidup lebih stabil dan keuangan aman ke depannya, minimal miliki dua sumber penghasilan. Satu yang utama dan satu lagi yang sampingan. Misalnya, dengan mulai jualan kecil-kecilan, membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang dimiliki, mencari peluang menghasilkan uang dari internet, dan masih banyak lagi. 

Berhemat ketat saat memasuki tanggal tua

Daripada ngajuin pinjaman cepat, lebih baik kamu berhemat pengeluaran seketat mungkin saat tanggal tua tiba. Asal bisa makan sehari tiga kali walau sederhana dan menjalankan aktivitas sehari-hari, sudah sangat cukup. Alternatif lainnya: di awal ketika mengatur anggaran keuangan, supaya tanggal tua tetap bisa makan enak dan jajan, kamu bisa mengaturnya selang-seling. Misal, di awal bulan, hanya beberapa hari bisa jajan dan makan enak. Sisanya, uangnya dialokasikan untuk kebutuhan di tanggal tua. Dengan begitu, tanggal tua atau akhir bulan nggak lagi jadi momok yang mengkhawatirkan dan identik sama makan mie instan, deh. 

Kurangi pengeluaran untuk hal yang urgensinya nggak tinggi

Sering checkout belanja barang yang nggak penting di e-commerce karena flash sale? Atau hampir tiap hari jajan kopi susu kekinian dan pesen makan di ojek online? Coba hitung-hitung lagi, pengeluaranmu untuk hal-hal tersebut habis berapa dalam satu bulan? Bisa jadi, hal-hal sejenis inilah yang bikin uangmu cepat habis dan akhirnya harus pinjam uang di tanggal tua. Padahal, hal ini tidak memiliki urgensi yang tinggi dan bisa diganti dengan yang lebih murah, misal: bikin kopi dan masak sendiri. 

Gunakan fasilitas kredit atau pinjaman cepat hanya jika benar-benar darurat

Fintech pinjaman cepat tidak disarankan untuk digunakan demi memenuhi kebutuhan primer di tanggal tua. Sebab, kondisi keuangan yang krisis di tanggal tua bakal berulang di bulan berikutnya jika nggak diperbaiki segera. Sementara di saat yang sama, kamu perlu membayar pinjaman yang sudah diajukan di bulan berikutnya. Kalau udah gini, pengeluaran jadi dobel, toh? 

Lain hal untuk kondisi darurat seperti kebutuhan rumah sakit atau perbaikan kerusakan rumah yang tiba-tiba, seperti genteng bocor, mesin air mati, atau dinding retak dan rembes. Kalau butuh uang tunai untuk kebutuhan tersebut tapi nggak punya dana darurat, maka pinjaman cepat bisa jadi solusi terbaik. Apalagi yang menawarkan bunga rendah seperti Kredivo: hanya 2,95% per bulan, dengan opsi tenor 1/3/6 bulan, dan jumlah pinjaman minimal 500 ribu. 

Selain bisa cair minimal dalam waktu 1 hari kerja, pengajuan pinjaman cepat di Kredivo syaratnya gampang banget. Pertama, kamu wajib masuk ke dalam 3 kriteria berikut: 

  1. WNI yang telah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Memiliki pendapatan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta. 
  3. Tinggal atau berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Kemudian, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, pilih daftar sebagai akun Premium, dan siapkan dokumen berikut ini: 

  1. KTP
  2. Akun internet banking yang aktif atau NPWP
  3. Akun e-commerce yang ada histori transaksinya 

Setelah itu, unggah/sambungkan dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi Kredivo. Kamu juga perlu mengisi form data diri dan foto selfie untuk verifikasi identitas. Kalau sudah selesai daftar, tunggu dalam waku 1 x 24 jam untuk proses approval. Kalau mau bisa menggunakan fitur pinjaman cepat tunai yang ada di aplikasi Kredivo, kamu wajib daftar sebagai akun Premium, jangan yang Basic. Keuntungan lain dengan menjadi pengguna Premium: kamu berpeluang mendapat limit kredit yang lebih besar juga lho, maksimal s.d Rp 30 juta. Menarik, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *