Hal Yang Mesti Diketahui Tentang Virus Corona

Semakin hari semakin banyak pula orang yang terkena virus Corona ini. Tak menutup kemungkinan penyebaran yang terbilang sangat cepat ini juga terjadi karena kurangnya pengetahuan akan penyebab dan cara pencegahan virus tersebut yang minim di masyarakat. Karena itu, di artikel ini kami telah menyiapkan poin-poin penting yang mesti anda ketahui tentang virus corona sebagai berikut.

  • Apa itu COVID-19 dan bagaimana cara melindungi diri sendiri?

Virus baru yang disebut sindrom pernapasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2) diidentifikasi sebagai penyebab wabah penyakit yang dimulai di Cina pada 2019. Penyakit ini disebut penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Pada Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.

  • Bagaimana COVID-19 menyebar?

Data menunjukkan bahwa virus ini menyebar dari orang ke orang di antara mereka yang berada dalam kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki, atau 2 meter). Virus ini menyebar melalui tetesan pernapasan yang dilepaskan ketika seseorang yang terinfeksi virus batuk, bersin ataupun saat berbicara.

  • Apa saja gejala COVID-19?

Gejala COVID-19 bisa sangat ringan hingga berat. Bahkan beberapa orang tidak memiliki gejala sedikitpun. Gejala ringan mungkin termasuk demam, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan penurunan indra penciuman atau indra perasa. Gejala yang lebih parah mungkin termasuk sesak napas, nyeri dada, muntah parah dan diare. Gejala dapat muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar.

  • Bisakah COVID-19 dicegah atau diobati?

Vaksin saat ini tidak tersedia untuk penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Tidak ada obat antivirus yang disarankan untuk mengobati COVID-19. Pengobatan diarahkan untuk menghilangkan gejala.

  • Apa yang bisa saya lakukan untuk menghindari virus corona?

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan beberapa cara terhindar dari corona virus berikut ini :

1. Hindari acara besar dan pertemuan massal.

2. Kenakan masker wajah kain di tempat umum.

3. Hindari kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki, atau 2 meter) dengan orang-orang di luar rumah Anda.

4. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

5. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau tisu ketika Anda batuk atau bersin.

6. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.

7. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering Anda sentuh setiap hari menggunakan carian disinfektan.

Jika Anda memiliki kondisi medis kronis dan mungkin memiliki risiko penyakit serius yang lebih tinggi, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara lain untuk melindungi diri sendiri.

  • Haruskah saya memakai masker?
    CDC merekomendasikan untuk mengenakan penutup wajah kain di tempat-tempat umum, seperti mini market, di mana sulit untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain. Terutama disarankan di daerah dengan penyebaran komunitas yang sedang berlangsung. Saran yang diperbarui ini didasarkan pada data yang menunjukkan bahwa orang dengan COVID-19 dapat menularkan virus sebelum mereka menyadari bahwa mereka memilikinya. Menggunakan masker di depan umum dapat membantu mengurangi penyebaran dari orang yang tidak memiliki gejala. Masker kain non-medis direkomendasikan untuk umum. Masker bedah dan respirator N-95 tidak tersedia dan harus disediakan hanya untuk tenaga medis dan pelayanan kesehatan.
  • Bisakah saya bepergian?
    Jika Anda berencana untuk bepergian, periksa terlebih dahulu untuk saran perjalanan. Anda juga mungkin ingin meminta saran dari dokter Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasi pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *